Minggu, 05 Juli 2015

MENDAKI AMAN DAN NYAMAN BERSAMA KANG "BONGKENG" ADRIANA



Tim Ekspedisi SIYE II Mt. Elbrus, Russia bersama dengan Kang Bongkeng di puncak Sindoro, 2011
Sedikit nostalgia, pertama bertemu dengan "sang legenda" pada tahun 2011 sekitar 4 tahun yang lalu. Ketika Kang Bongkeng datang ke MAHAPALA UNNES untuk menjadi Instruktur kegiatan Ekspedisi MAHAPALA UNNES "Spirit of Indonesian Youth Expedition Part II (SIYE II) Mt. Elbrus, Russia". 
Pematerian Ruang Bersama Kang Bongkeng
Kang Bongkeng yang mengajari kami dengan sabar. Kalau diingat, dulu Kang Bongkeng memberikan materi ruang pengenalan alat-alat Pendakian es |(Ice Climbing). Kami mendengarkan dan melihat equipment dengan serius, wajar saja pengalaman pertama melihat secara langsung alat-alat ice climbing seperti Cramphon, ice axe, double boat dan sebagainnya. 


Foto Bersama Kang Bongkeng dan Beberapa Anggota Mahapala Unnes 2011
12-14 Juni 2015

Sungguh menarik ketika membaca tema "Mendaki aman dan nyaman bersama Kang Bongkeng". Jalur pendakian yang dipilih adalah Jalur Selo. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Eiger. Tim dari EAST yang datang dari Bandung datang ke Selo 2 hari sebelum kegiatan. Setelah kami breafing untuk hari berikutnya maka Pendaftaran ulang dibuka dari pagi sampai malam untuk menyambut tamu yang akan ikut serta dalam kegiatan ini. 

Serangkaian kegiatan "Mendaki aman dan nyaman bersama Kang Bongkeng" ini  adalah:

1. Sharing pengalaman tentang pendakian yang aman dan nyaman bersama kang bongkeng
 

Materi yang disampaikan oleh Kang Bongkeng adalah tentang bagimana cara mendaki yang aman dan nyaman, manajemen pendakian yang baik. Dan pada hari berikutnya pendakian dengan sang legenda dimulai. Asiknya diberi penjelasan oleh Kang Bongkeng. 

2. Sharing pengalaman oleh AKSA7

Tim Pendakian Merbabu 
Pasti belum terlalu familiar dengan kata AKSA 7 ((Perjalanan dan pembuatan Film 7 Summit Of Indonesia). Tujuh gunung yang akan didaki ini merupakan 7 gunung yang mewakili wilayah administratif di Indonesia, sebagai yang tertinggi di wilayahnya masing-masing. Perjalanan yang seluruhnya direkam oleh setiap pendaki ini dapat digunakan untuk mengingatkan, menginformasikan, dan mempromosikan gunung-gunung yang ada di Indonesia kepada dunia. Gunung-gunung tersebut yaitu :Gunung Kerinci (Pulau Sumatera). 
  1. Gunung Semeru (Pulau Jawa)
  2. Gunung Rinjani (Pulau Lombok)
  3. Gunung Raya / Bukit Raya (Pulau Kalimantan)
  4. Gunung Latimojong (Pulau Sulawesi)
  5. Gunung Binaiya (Pulau Seram -Maluku)
  6. Puncak Jaya / Carstenzs Pyramid (Papua)
3. Pengalaman Seven Summiter Indonesia

Pengalaman dan cita-cita pergi menjelajah sampai ke 7 puncak dunia oleh pemuda Indonesia masih sedikit. hanya beberapa saja yang berhasil samapi di 7 puncak tertinggi dunia. Penjelasan dan berbagi pengalaman oleh Kweceng (Iwan) Anggota Wanadri atau Tim dari EAST. Pengalaman sebuah pengorbanan untuk memilih menikah atau menjadi seven summiter itu yang salah satunya menjadi inspirasi. Bahwa sebuah kesusksesan pasti ada sebuah usaha dan pengorbanan. 

4. Pertunjukan dari teman-teman SIOUX 


SIOUX (Lembaga study Ular) ini menjadi acara penutup setelah peserta pendakian sampai di base camp. Sebelum mereka datang, saya sudah mencoba memegang ular (pertama kali) tapi bukan ular yang berbisa. :) Acaranya menarik, karena banyak dari peserta yang secara aktif bertanya mengenai penanganan ular. Paling menarik lagi ketika ular kobra dikeluarkan dari kandangnnya. wiih.wiih.wiih, untung ada pawang ular deh.
  
Bertemu dengan Orang-orang Hebat
Sungguh kegiatan yang bermanfaat, bisa bertemu dengan orang - orang hebat yang menginspirasi banyak orang. Dengan ketekunan dan kerja keras mereka bisa menjadi orang sesuai dengan mimpi mereka. Tak akan terlupakan silaturahmi kami MAHAPALA UNNES dengan Kang Rony, EAST EIGER Kang Bongkeng, Kang Mamay, Kang Galih, Kang Rudy, Kang Paimo, Kang Iwan, Kang Hendra, Kang Pram, Kang Nana, Kang Jarwo, Kang Ikin, Teh Tami, Teh Rani, dan yang nama-nama belum disebutkan. 

Registrasi area Mae bersama Teh Tami, Teh Rani
Bersama Kang Mamay
Ular-ular
Pemandangan Gunung Merapi yang Indah, dipotret dari Basecamp Selo
Wujud Kebersamaan saling merangkul, dipimpin oleh Kang Galih
Pendakian Aman dan Nyaman Bersama Kang Bongkeng
Istirahat (Ngadem) bersama Kang Bongkeng sang Legenda Mountaineering Indonesia. Tak akan terlupakan Kang naik Gunung dengan Akang lagi.
Selalu memberikan nasihat dan berbagi pengalaman


Sebagai seorang pencintaalam, pendaki diamanapun kita berada, buanglah sampah pada tempatnya. Ketika tempat bersih maka berkegiatan pun akan nyaman. Jaga kebersihan, karena kebersihan sebagian dari iman..!! Jaga kebersihan Gunung-gunung tanah air kita. Salam Lestari...!

Doc. MHPL
By : Mae.Sch.516



0 komentar: